Pengertian,fungsi,peran filsafat pendidikan
Filsafat pendidikan
1. Filsafat adalah pandangan hidup
seseorang atau sekelompok orang yang merupakan konsep dasar mcngenai kehidupan
yang dicita-citakan. Filsafat juga diartikan sebagai suatu sikap seseorang yang
sadar dan dewasa dalam memikirkan segala sesuatu secara mendalam dan ingin
melihat dari segi yang luas dan menyeluruh dengan segala hubungan
Pentingnya
filsafat
2. Filsafat pendidikan pelu dipelajari
sebab, dengan filsafat kita bisa memilih teori dan metode yang sesui, dengan
filsafat kita bisa lebih kritik dalam ilmu, dan bisa memahai konsep ilmu dengan
jelas, dan sebagainya
3. Peranan Filsafat Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu Pendidikan,Tujuan filsafat
pendidikan memberikan inspirasi bagaimana mengorganisasikan proses
pembelajaran yang ideal. Teori pendidikan bertujuan menghasilkan pemikiran
tentang kebijakan dan prinsip-rinsip pendidikan yang didasari oleh filsafat
pendidikan. Praktik pendidikan atau proses pendidikan menerapkan serangkaian
kegiatan berupa implementasi kurikulum dan interaksi antara guru dengan peserta
didik guna mencapai tujuan pendidikan dengan menggunakan rambu-rambu dari
teori-teori pendidikan. Peranan filsafat pendidikan memberikan inspirasi, yakni
menyatakan tujuan pendidikan negara bagi masyarakat, memberikan arah yang jelas
dan tepat dengan mengajukan pertanyaan tentang kebijakan pendidikan dan praktik
di lapangan dengan menggunakan rambu-rambu dari teori pendidik. Seorang guru
perlu menguasai konsep-konsep yang akan dikaji serta pedagogi atau ilmu dan
seni mengajar materi subyek terkait, agar tidak terjadi salah konsep atau
miskonsepsi pada diri peserta didik.
Manfaat pendidikan
4. Manfaat pendidikan , Secara umum manfaat
pendidikan berorientasi pada kecakapan hidup bagi peserta didik adalah sebagai
bekal dalam menghadapi dan memecahkan problema hidup dan kehidupan, baik
sebagai pribadi yang mandiri, warga masyarakat, maupun sebagai warga negara.
Jika hal itu dapat dicapai, maka faktor ketergantungan terhadap lapangan
pekerjaan yang sudah ada dapat diturunkan, yang berarti produktivitas nasional
akan meningkat secara bertahap.
Tujuan pendidikan, ecara umum pendidikan kecakapan
hidup bertujuan memfungsikan pendidikan sesuai dengan fitrahnya, yaitu
mengembangkan potensi manusiawi peserta didik untuk menghadapi perannya di masa
datang . Secara khusus pendidikan yang berorientasi pada kecakapan hidup
bertujuan untuk :
style="font-family:
inherit; text-align: justify;">mengaktualisasikan potensi peserta didik
sehingga dapat digunakan untuk memecahkan proplem yang dihadapi.
merancang pendidikan agar fungsional bagi kehidupan
peserta didik dalam menghadapi kehidupan dimas mendatang.
memberikan kesempatan kepada sekolah untuk
mengembangkan pembelajaran yang fleksibel, sesuai dengan prinsip pedidikan
berbasis luas.
mengoptimalkan pemanfaatan sumberdaya di lingkungan
sekolah, dengan memberi peluang pemanfaatan sumberdaya yang ada di masyarakat,
sesuai dengan prinsip manajemen berbasis sekolah.
Isi pendidikan, mencerdaskan warga Negara sesui dengan
potensi atau pirah manusia
Fungsi filsafat
Pendidikan
5. Fungsi filsafat pendidikan,
Memahami persoalan pendidikan secara umum,merumuskanya
dalam gambaran pokok sebagai pelengkap yang ada dan hubungannya dengan factor
lain.
Penetu arah dan pedoman
Memberi norma dan pertimbangan
Filsafat memberikan landasan yang mendasar bagi
perkembangan ilmu
Ilmu memberikan bahan untuk berbagai pemikiran para
filsuf.
Pengembangan Kurikulum merupakan salah satu aplikasi
dari ilmu yang telah dikaji Sehingga harapan terbesar semuanya dapat membantu
manusia dalam memecahkan masalah yang dihadapinya dalam menjalani kehidupan
bermasyarakat.
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar