Masa
remaja merupakan periode perkembangan dibentuk baik oleh terungkapnya biologi
dan oleh norma-norma sosial dan budaya dan harapan. Menurut Erickson, masa
remaja ditandai dengan berbeda ‘krisis’, mereka menghadapi beberapa titik
penting dalam mengembangkan ‘identitas’. Mereka menjawab atau setidaknya
menghadapi pertanyaan identitas tentang pandangan dunia, arah karir,
kepentingan, orientasi jenis kelamin, nilai-nilai, filsafat hidup, dan aspirasi
untuk masa depan. Seperti remaja ‘menjadi orang’ mereka menghabiskan berjam-jam
di ruang kelas dan sekolah dalam interaksi konstan dengan guru, teman sebaya,
ide dan kegiatan.
Erikson
(Pajares 2001, pp.120) menyimpulkan bahwa manusia semua memiliki kebutuhan
dasar yang sama dan bahwa setiap masyarakat harus menyediakan beberapa cara
bagi kebutuhan tersebut. Dia melihat pembangunan sebagai suatu bagian melalui
serangkaian tahap, masing-masing dengan tujuan tertentu nya, kekhawatiran,
prestasi, dan bahaya. Pada setiap tahap, ia menyarankan, individu menghadapi
krisis perkembangan (konflik antara alternatif yang positif dan alternatif yang
berpotensi tidak sehat). Cara citra diri seseorang dan pandangan masyarakat.
Resolusi tidak sehat masalah pada tahap awal dapat memiliki dampak negatif
potensial melalui hidup, meskipun kadang-kadang kerusakan dapat diperbaiki di
tahap-tahap selanjutnya.
Menurut
Erikson ((Ziegler 1992pp.197), ditandai oleh tahap identitas ego vs kebingungan
peran. Remaja, fokus tahap kelima di grafik Erikson tentang siklus hidup,
dianggap sebagai sangat signifikan dalam perkembangan psikososial orang
tersebut. Tidak lagi seorang anak tapi belum dewasa (berusia antara 12 dan 20
tahun), remaja dihadapkan dengan berbagai tuntutan sosial dan perubahan peran
yang penting untuk memenuhi tantangan yang dihadapi dewasa Tugas mereka adalah
untuk mengkonsolidasikan semua pengetahuan mereka. telah mendapatkan tentang
diri mereka sendiri dan mengintegrasikan diri ini berbagai gambar menjadi
identitas pribadi yang menunjukkan kesadaran baik masa lalu dan masa depan yang
logis dari itu. Definisi Erikson mengungkapkan tiga unsur yang terlibat dalam
pembentukan identitas. Pertama, orang muda harus memahami diri mereka sebagai
memiliki ‘kesamaan dalam dan kesinambungan’ dari waktu ke waktu. Kedua, orang
lain yang signifikan juga harus melihat suatu ‘kesamaan dan kesinambungan’ dalam
pribadi, dan akhirnya, mereka harus memiliki ‘keyakinan yang masih harus
dibayar “dalam korespondensi antara garis internal dan eksternal kontinuitas .
Dalam penilaian Erikson, dasar bagi remaja sukses dan pencapaian identitas
terintegrasi berasal dari anak usia dini Kegagalan orang muda untuk
mengembangkan hasil identitas pribadi dalam apa Erikson telah disebut ‘krisis
identitas.. Krisis identitas atau kebingungan peran yang paling sering ditandai
oleh ketidakmampuan untuk memilih karir atau mengejar pendidikan lebih lanjut.
Sayangnya,
sistem pendidikan menghasilkan elit, tapi pada kali, menghasilkan banyak
pecundang juga. Sistem pendidikan di Hong Kong bisa dicirikan sebagai
pemeriksaan-driven. Dengan penekanan pada ‘tujuan kinerja’, siswa prihatin tentang
mencoba untuk menjadi yang terbaik, ada kemungkinan bahwa orientasi ini akan
menghasilkan dampak negatif yang lebih atau kecemasan, meningkatkan kemungkinan
gangguan dan pikiran yang tidak relevan dan bahwa hal ini akan mengurangi
kapasitas kognitif , tugas keterlibatan, dan kinerja. Sifat pendidikan di Hong
Kong menghambat daripada memelihara identitas yang positif antara siswa remaja.
Karena
‘seseorang menjadi’ pekerjaan Erikson, pendekatan lain untuk pemahaman dan
identitas telah muncul. Beberapa perspektif yang paling berpengaruh dan
berharga mempertimbangkan perkembangan rasa diri adalah skema diri. Self-skema
yang abadi dari konsepsi diri yang memediasi perilaku ((Pajares 2001, pp.121).
Salah satu yang paling banyak dibahas dan diteliti skema diri adalah konsep
diri. Konsep diri umumnya mengacu pada ‘komposit ide, perasaan, dan sikap orang
tentang diri mereka sendiri “Kita dapat mempertimbangkan konsep diri menjadi
upaya kami untuk menjelaskan diri kita sendiri, untuk membangun suatu skema
yang mengatur kesan kita, perasaan dan sikap tentang diri kita sendiri.. Ini
adalah struktur kognitif (keyakinan tentang siapa kita adalah). Konsep diri dan
harga diri sering digunakan secara bergantian, meskipun mereka memiliki arti
yang berbeda Harga diri merupakan reaksi afektif.. Hal ini mempengaruhi
keputusan sehari-hari. Jika orang mengevaluasi diri positif, kita bisa
mengatakan mereka memiliki diri yang tinggi harga. Bahkan, memiliki konsep diri
positif dalam mata pelajaran tertentu merupakan faktor yang lebih besar dalam
memilih program ketika konsep diri dalam mata pelajaran lain adalah rendah.
Karena
konsep diri adalah produk dari proses sadar dan kognitif. Beberapa pengukuran
dikembangkan dalam rangka untuk mengukur penduduk konsep diri secara obyektif
dan ilmiah. Studi tentang konsep diri dapat dimasukkan ke dalam model
nomotetis. Model nomotetis adalah sebuah pendekatan untuk penjelasan di mana
kita berusaha untuk mengidentifikasi faktor-faktor kausal yang umumnya dampak
beberapa kelas kondisi atau kejadian (Babbie 2004, pp.22). Nomotetis model
didasarkan pada pandangan bahwa fenomena sosial diatur oleh keteraturan dan
berada di luar individu. Psikolog pendidikan berusaha untuk mengembangkan alat
untuk menemukan hukum-hukum umum tentang konsep-diri. Dengan gagasan
mengembangkan hukum umum tentang konsep diri, psikolog dan ilmuwan sosial
mengurangi kompleksitas dari konsep diri menjadi konsep kunci, seperti
efektivitas diri, harga diri, evaluasi diri, dan semua istilah-istilah ini
dapat digunakan bergantian dengan konsep diri (Byrne 1996, pp.2). Erikson dan
psikolog lainnya berusaha membangun identitas sebagai masalah umum di seluruh
populasi dan menganggap bahwa perkembangan manusia ditandai oleh serangkaian
tahapan yang universal umat manusia. Proses dimana tahapan ini terungkap diatur
oleh prinsip epigenetik pematangan.
Sebuah
kombinasi dari metodologi kuantitatif dan kualitatif sering merupakan pilihan
yang baik metode (Newton 2001, pp.45). Pendekatan ini menggabungkan ketelitian
dan ketepatan desain kuantitatif dan data kuantitatif dengan pemahaman mendalam
tentang metode kualitatif dan data. Ada banyak cara model pencampuran. Salah
satu adalah dengan menggunakan kedua metode kuantitatif dan kualitatif dan data
untuk mempelajari fenomena yang sama dalam studi yang sama. Metode yang cocok
untuk mempelajari identitas siswa adalah dengan menggunakan metode kuantitatif
(satu set standar dari konsep diri kuesioner) untuk keluar tunggal para siswa
mengembangkan identitas positif maupun negatif selama dua tahun studi dan
mengumpulkan data kualitatif melalui studi kasus tentang maknanya dan alasan
dari berbagai jenis perkembangan identitas.
Beberapa
keengganan utama bagi para ilmuwan sosial untuk mengadopsi pendekatan model
campuran berasal dari komitmen epistemologis yang kuat untuk baik penelitian
kuantitatif atau kualitatif karena mereka melihat asumsi yang mendasari
pendekatan secara fundamental tidak kompatibel. Pada risiko oversimplication,
penelitian kuantitatif umumnya bersandar pada tradisi ‘objektivis’ epistemologis
yang berusaha untuk memvalidasi pengetahuan dengan pencocokan klaim-klaim
pengetahuan dari peneliti dengan fenomena di dunia nyata. Dalam tradisi ini,
teori yang diusulkan sebagai hipotesis universal untuk diuji secara empiris.
Penelitian kualitatif, di sisi lain, mungkin berasal dari tradisi
‘konstruktivis’ terkait dengan gerakan postmodern. Berikut pengetahuan tidak
ditemukan, tetapi diciptakan, terletak dalam konteks tertentu sangat ditentukan
oleh praktek-praktek lokal, dan divalidasi melalui konsistensi internal dan
konsensus sosial.
Secara
pribadi, memulai pada sisi baik adalah menjalankan risiko meremehkan
kompleksitas manusia dan fenomena sosial, statistik dalam arti yang paling
murni hanyalah sebuah singkatan untuk mengkomunikasikan informasi tentang
fenomena yang kompleks elegan dan tepat.
Mengatasi Haus Asmara di Masa Remaja
Catatan kali ini lahir dari sebuah pengalaman
pribadi dan pengamatan terhadap nasib sejumlah kawan yang penulis pandang telah
tenggelam di lautan cinta remaja. Memang sudah menjadi fithrah, di usia remaja,
pemuda-pemudi cenderung termagnet untuk berpacaran atau paling tidak
ber-kakak-adik-an dengan misi yang tidak begitu signifikan, yaitu sekedar
menciptakan kenang-kenangan.
Hal tersebut dianggap sangat lumrah di usia
remaja walau sebetulnya merupakan akibat dari pergaulan bebas maupun pengaruh dari
pelbagai media yang kini semakin maju dan terus menantang. Bila memakai kaca
mata agama, hal tersebut tentunya dipandang syubhat dan hanya menggoncangkan
kualitas keimanan. Apalagi setelah melihat kenyataan bahwa lebih dari 85 persen
cinta yang telah terjalin oleh anak-anak remaja hanya bisa dikategorikan cinta
monyet yang umurnya sependek sakit pilek, ataupun cinta lokasi yang hanya
sebatas mengisi kekosongan belaka. Bagi mereka yang sedikit berakal, tentunya
hal tersebut terlalu sia-sia untuk dilalui, terlebih memperhatikan banyak hal
berguna yang telah terabaikan begitu saja dan usia manusia sangatlah singkat
untuk semuanya. Dapat dibuktikan juga dengan aneka penyesalan manusia setelah
ia melewati masa tua.
Umumnya, manusia-manusia berdarah muda itu menikmati
apa yang mereka jalani bersama kekasih-kekasih temporal mereka. Bahkan bangga
dikatakan punya pacar atau punya teman dekat sekalipun. Tiada lain karena
manusia telah tercipta sebagai makhluk yang memiliki ruh bahimi (sebagaimana
halnya binatang) berupa kebutuhan kepada lawan jenis. Dari itulah kebanggan itu
timbul, dan dari situ pula rasa cemburu atau iri dari pihak yang belum punya
alias jomblo menjadi amat terasa. Padahal, ruh bahimi (syahwat) walau tak dapat
dipisah dari jasad, namun dapat diasah dan diasuh melalui ruh takrimi yang
berpusat pada akal, dan ruh imani yang berpusat pada hati.
Karena penulis tidak lebih dari seorang aktifis
tasawuf dan tarekat, beranggapan bahwa kebutuhan pubertas itu memang baik untuk
dipenuhi, namun amat disayangkan bila pemenuhan tersebut tidak melalui jalur
asmara yang natural, melainkan sekedar wah-wahan dan gila-gilaan plus
berlebihan dan terlewatkan penuh hampa, sehingga kejujuran dan kesetiaan nyaris
tak lagi ditanamkan. Akhirnya sakit hati pun senantiasa menjadi santapan.
Berlebihan tidaklah layak dalam hal apapun,
apalagi dalam hal cinta yang penuh duri itu. Cinta selalu dianggap karunia yang
mesti disyukuri, padahal tak jarang juga ia sebagai cobaan, fitnah bahkan
bencana. Masih banyak cinta-cinta lain yang signifikansinya jauh lebih bermutu
dan berguna. Jauh lebih nikmat, lebih konstruktif dan lebih memaknai hidup.
Mengapa cuma haus hub jinsi saja? bukankah cinta Tuhan lebih kita perlukan?
cinta Rasul? cinta Ahlul-Bait? cinta Auliya’? apa sudah tergapaikan?
Menanggapi soal hukum pacaran, penulis sebetulnya
tidak mau ambil pusing, karena mukadimah khithbah memang ada dalam Islam,
kitapun dianjurkan untuk sepandai-pandainya mencari calon pendamping hidup yang
elegan. Tergantung bagaimana seorang itu memfungsikan pacaran. Tentunya jika
sebatas penyalur nafsu dan pembuka pintu ke jalan haram, penulis angkat tangan!
Pacaran dan kakak-adikan kurang baik jika :- Mengabaikan kewajiban dan aktifitas pokok sehari-hari, khususnya bagi pelajar dan mahasiswa.
- Tidak membangun kepribadian, tapi justru merusak perangai dan menodai citra.
- Hanya melahirkan sakit hati, baik pada pihak yang bersangkutan maupun orang lain yang di sekitar.
- Mengundang fitnah dan image yang kurang sedap dari masyarakat.
- Hanya sebagai hiburan semata. Sebatas bermain-main yang tak ada ujung positifnya. Seperti nonton ke bioskop, jalan-jalan ke taman atau ke mall dan lain sebagainya.
- Tidak didasari niat yang mulia, seperti menjadikannya sebagai calon pendamping hidup atau minimal sebagai teman berbagi ilmu dan hikmah secara syar’i (bukan secara selebriti).
Maksud penulis disini sekedar mencegah para pemuda-pemudi dari kesia-siaan hidup, khususnya di usia remaja yang merupakan kesempatan berlian untuk membina mustaqbal yang cerah di masa yang akan datang. Sungguh hina bila tersita hanya untuk kata sayang!
Cinta remaja hampir semuanya dusta. Tidak lain
karena cinta sesungguhnya hanya dapat dibuktikan bila terjalin dengan natural.
Sebab definisi cinta adalah kecenderungan hati secara alami untuk menggapai
ridho yang dicintai. Cinta remaja biasanya tumbuh tidak alami, ada banyak misi
subyektif yang sebelumnya menggoda. Kehendak nafsu si pecinta pun selalu
didahulukan daripada ridho orang yang dicintai. Lalu dimanakah cinta itu?
Tidak sedikit dari mereka yang terlalu gampang
menaruh simpati. Lihat ini, ingin didekati. Lihat itu, mau dimiliki. Lihat yang
lain, mau juga diajak jalan-jalan. Lihat lagi yang lain, ingin dijadikan teman
akrab. Ada mahasiswi baru, langsung mau kenalan. Slow hidup ini mereka lalui,
ternyata akhirnya menangis dan ingin bunuh diri !! Karena akrab dengan banyak
lawan jenis tapi nasib selalu sial… cian de lu !!
Tidak sedikit juga dari mereka yang suka
bermanja-manja. Ingin selalu didampingi pacarnya. “Dunia milik kita berdua”
semboyan mereka. Alasannya tiada lain karena cinta. “Emangnya cinta itu berhala
yang loe sembah-sembah?!” bantah Deddy Mizwar di film KSD yang lumayan mendidik
itu.
Ada lagi jenis watak yang tidak jarang ditemukan;
mudah cemburu! Nah, cemburu disini walau merupakan salah satu dari sifat-sifat
Tuhan, tapi jenis cemburu yang mana dulu? kalau hanya cemburu buta karena
terlalu ingin memiliki secara penuh dan tidak membangun atau memperbaiki,
cemburu macam apa itu?! nyakitin diri sendiri aja!
Cinta remaja itu indah, kata mereka. Penulis
sangat setuju karena sudah berkali-kali mengalami sekaligus menikmati. Tapi ada
sifat lain yang banyak ditemukan pada karakter mayoritas anak muda, yaitu
terlalu mengharap dan takut kehilangan. Seakan dunia ini sempit sesempit peti vampire.
Penyakit yang satu ini jelas menandakan kelemahan iman.
Tidak sedikit juga dari mereka yang mengorbankan
nyawa demi cinta. Memperebutkan cinta sampai pertumpahan darah pun melanda.
Bertengkar / berantem / tidak akur hanya karena cinta. Menjadi pasien di rumah
sakit jiwa pun karena putus cinta. Aduuuh gimana sih ah?!
Banyak lagi penyakit lain yang sudah merajalela
di kalangan remaja, yang penulis boleh namakan dengan penyakit haus asmara.
Penyakit terlalu berharap pada kasih manusia !! Kiat mengatasi haus asmara
semacam itu, trik-trik di bawah ini semoga cukup membantu :
1. Perlu menanamkan nilai-nilai transendental
dalam kehidupan sehari-hari. Dengan cara mendekatkan diri secara lebih serius
kepada Tuhan yang nantinya Ia akan memperbaiki dan meluruskan segalanya.
Sekaligus akan memberikan yang terbaik tanpa harus bersusah-payah. Karena
bercinta dengan Tuhan, Nabi, Ahlul-Bait dan para Wali mampu membuat hati
terbang melayang (mabuk asmara) menikmati angkasa cinta yang abadi dan penuh
makna kasih sayang.
2. Nikmatilah banyak aktifitas yang lebih
bermanfaat; berkarya, membaca, berkreasi atau apa saja, sehingga dunia cinta
remaja tidak selalu membelenggu angan dan bukan satu-satunya penguras tenaga,
biaya maupun pikiran.
3. Jauhkan sifat egoisme dan arogansi. Buang
jauh-jauh cinta mati kepada dunia yang fana dan hanya fatamorgana, dimana cinta
remaja merupakan bagian terhina dari permainan dunia itu.
4. Tingkatkan iman kepada qada’ dan qadar, dimana
Tuhan telah mencatat di azali siapa yang akan menjadi pasangan hidup kita dan
dari siapa anak-cucu kita akan dilahirkan. Semua telah tersurat di papan Lauh
al-Mahfuz, jadi tidak perlu pusing-pusing dan banyak ulah. Semuanya skenario
Tuhan. Nasib cucu kita di akhirat saja sudah tercatat, apalagi sekedar siapa
bini/suami kita di dunia !! Tapi bukan berarti menafikan ikhtiar, hanya saja
menghindari sifat ambisius dan ketergila-gilaan yang berlebihan. Santai coy,
hubungan dengan Tuhan sudah baik, maka yang datang hanyalah yang terbaik. Dan
tentunya baik di sisi kita belum tentu baik di sisi Tuhan. Iman kepada qada’
dan qadar dapat juga meningkatkan semangat egalitarian bahwa semua adalah sama
di hadapan Tuhan dan apapun usaha kita, pada akhirnya nanti kita hanya mampu
menerima apa yang telah digariskan.
Memahami empat trik di atas secara teoritis tak
sesukar melaksanakannya dengan praktis. Dari itu beruntunglah orang yang
selamat dari segala jenis permainan dunia. Mahaguru sejati penulis selaku tabib
roh terhebat, memberi resep sederhana berupa amalan-amalan (wirid) harian yang
secara efektif dan otomatis akan memberikan ketenangan ganda dalam menghadapi
dan menjalani semuanya. Karena hati adalah raja, maka hanya dengan dzikir
ketentraman nurani bisa diraih, yang kemudian segalanya membaik dengan
sendirinya.
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar